4 Cara Sistem Budidaya Akuaponik

Hallo.. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Seiring berkembangnya zaman maka semakin pesat pembangunan yang mengakibatkan berkurangnya lahan usaha pertanian dan perikanan. Hal ini membuat kita memutar otak untuk memanfaatkan lahan yang sedikit menjadi berguna dan menghasilkan terutama dibidang pertanian dan perikanan. Seiring dengan perkembangan zaman maka telah tercipta lah teknologi baru dalam bidang pertanian dan perikanan yang dapat memanfaatkan lahan yang sedikit yaitu dengan sistem budidaya akuaponik.

Apa itu akuaponik?

Akuaponik adalah sistem budidaya yang mengkombinasikan budidaya ikan dan budidaya tanaman. Sistem budidaya akuaponik ini berfungsi untuk menghemat dana dengan mengurangi penggunaan pupuk untuk tanaman karena telah menggunakan pupuk alami melalui sisa pakan dan feses dari ikan. Sistem akuaponik juga berfungsi untuk menghemat penggunaan air dalam budidaya ikan karena air yang  telah digunakan  disaring kembali melalui saringan alami yaitu dari tanaman, sistem akuaponik menerapkan sistem simbiosis mutualisme (dua organisme  berbeda yang saling menguntungkan).

Ada 4 cara budidaya sistim akuaponik yaitu :


  1. Sistem Aliran Atas
Sistem aliran atas ini adalah sistem suplai air untuk tanaman yang dilakukan dengan mengaliri tanaman dari atas permukaan media tanam melalui pipa PVC yang terhubung dengan pompa air.

      2. Sistem Aliran Bawah

Sistem aliran atas adalah sistem suplai air untuk tanaman yang dilakukan langsung melewati aliran bawah media tanaman. Air dari dasar kolam atau bak ikan langsung dialirkan melewati bagian dasar media tanam dan akan langsung menutrisi tanaman.

     3. Sistem Pasang Surut

Sistem pasang surut adalah sistem suplai air untuk tanaman dilakukan secara periodik atau selang waktu yang tetap dan air akan naik dan turun. Apabila air pada media tanam sudah pasang maka secara otomatis air akan segera terbuang kembali ike kolam disebut juga dengan surut.

     4. Sitem Rakit

Sistem rakit adalah sistem yang paling mudah dan sederhana karena hanya menggunakan rakit sebagai pelampung bagi tanaman yang diapungkan dikolam ikan, sistem rakit ini juga tidak menggunakan pompa air sehingg tidak perlu aliran listrik.

Nah.. itulah 4 cara Sistem Budidaya  Akuaponik semoga bermanfaat..
Terima Kasih...
.


Wassalamualikum..

No comments:

Post a Comment

7 Komponen Yang Harus Disiapkan Untuk Membuat Akuaponik Sistem Aliran Atas

Hallo... Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dalam membuat akuaponik kita harus menyiapkan alat dan bahan atau komponen yang dibut...