7 Komponen Yang Harus Disiapkan Untuk Membuat Akuaponik Sistem Aliran Atas

Hallo... Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dalam membuat akuaponik kita harus menyiapkan alat dan bahan atau komponen yang dibutuhkan untuk membuat akuaponik. Sebelumnya kita harus tau terlebih dahulu apa itu akuaponik sistem aliran atas.

Akuaponik Sistem Aliran Atas adalah sistem suplai air untuk tanaman yang dilakukan dengan mengaliri air langsung dari atas permukaan media tanam menggunakan pipa PVC yang terhubug dengan pompa air.

Adapun Komponen-komponen yang harus disiapkan untuk membuat akuaponik sistem aliran atas yaitu :


  1. Kolam Atau Bak Ikan
Kolam atau bak ikan yang digunakan tergantung dengan ukuran dan bentuknya, kondisi lahan yang digunakan menampung ketinggian air sekitar 60 - 80 cm dan jarak permukaan air dengan tinggi kolam minimal 30 cm supaya ikan tidak dapat melompat keluar kolam.

      2. Wadah Media Tanam

Wadah media tanam dapat menggunakan pot, baskom ataupun ember kecil, kemudian wadah tanaman tersebut dilubangi pada satu sisinya setinggi 1 cm dari dasar wadah dengan menggunakan pipa PVC 0,5 inch dan panjang 15 cm sebagai saluran air.

      3. Pompa Air

Pompa air berfungsi untuk menghisap air dari dalam kolam dan kemudian air mengalir melalui pipa PVC menuju ke wadah media tanam sehingga. Untuk ukuran kolam ikan volume 10 ton dibutuhkan pompa air berdaya listrik 35 watt.

      4. Saluran Air

Saluran air berfungsi untuk mendistribusikan atau mengalirkan air dari pompa ke tanaman, untuk mendistribusikan atau mengalirkan air digunakn pipa PVC ukuran 1 inch.

     5. Media Tanam

Media tanam yang dapat digunakan sangat mudah diperoleh yaitu seperti ijuk, akar pakis, batu apung, batu split, arang kayu, dll.

     6. Ikan

Semua jenis ikan dapat digunakan seperti ikan mas, ikan lele, ikan patin, ikan nila. Apabila akuaponik diperuntukan sebagai hiasan disarankan untuk menggunakan ikan yang lebih berwarna seperti ikan mas ataupun ikan nila.

     7. Tanaman

Ada banyak tanaman yang dapat digunakan antara lain: Bayam, kangkung, pakcoi, slada, tomat, cabe, terong, caisin, kailan dll.


Semoga Bermanfaat...
Terima Kasih...


Wassalamualaikum

No comments:

Post a Comment

7 Komponen Yang Harus Disiapkan Untuk Membuat Akuaponik Sistem Aliran Atas

Hallo... Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dalam membuat akuaponik kita harus menyiapkan alat dan bahan atau komponen yang dibut...